Sunday, January 6, 2013

Multimedia


          
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasildigitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.


Pengertian Multimedia

            Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.

Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”


Klasifikasi Multimedia

            Media (berdasarkan ISO93a) dapat di klasifikasikan menjadi beberapa kriteria:

  1. Perceptions Medium

Merupakan penggunaan media dalam membantu manusia untuk merasakan lingkungannya. Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer? Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran? Penerima informasi yang di terima manusia melalui indera “penfegnaran” dan atau “penglihatan” tentunya akan mengalami perbedaan persepsi.

Aspek pada Presentation Medium:

Ø  Aspek Representation Space

Sesuatu yang terkandung dalam presentasi secaranyata, misalkan kertas, layar, slide show, banner, poster, dll.

Ø  Aspek Representation Value

Nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi self contained ( isi presentasi itu sendiri ), predifined symbol set ( maka dari symbol ) misalkan teks, ucapan, dan gerak tubuh.

Ø  Aspek Representation Dimention

1.      Ruang ( space )

2.      Waktu ( time )

·         Time Independent ( tidak tergantung terhadap waktu ), discret (text, grafis)

·         Time Dependent (bergantung terhadap waktu) continous media ( video, audio sinyal dari sensor yang berbeda)


  1. Representation Medium

(media yang di gunakan unuk mempresentasikan informasi) dalam hal ini dengan format apa informasi akan di sajikan.
  
3.      Presentation Medium

(media penyajian) Tool dan device yang di gunakanuntuk proses input dan output informasi. Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer?

Ø  Output : Kertas, Layar, Speaker
Ø  Input   : Keyboard, Mouse, Kamera, Microphone

4.      Storage Medium

(media penyimpanan) pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi. Dimanakah informasi akan di simpan (micro film, hard disk, floppy disk, flash disk, CD-ROOM, DVD, VCD, Sdcard dll.

5.      Transmission Medium

(Media Pengiriman) Pembawa Informas yang memungkinkan terjadinya tranmisi (pengiriman) data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan). Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda dapat di pertukarkan? Melalui jaringan menggunakan kabel coaxial, fiber optic, atau melaui udara secara terbuka (wireless).

6.      Informations Exchange Medium

(Media Penukaran Informasi) pembawa informasi untuk transmisi, contohnya : media penyimpanan dan media transmisi.

Bagaimana informasi yang berbeda dapat saling di pertukarkan? (direct transmission dengan jaringan komputer, combined (Storage dan tranmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum.


Kategori Multimedia Berdasarkan Mediumnya

  1. Multimedia Content Production

Multimedia Content Production dapat di artikan sebagai pengguna media untuk penyajian produk-produk informasi berbasis kreatif, misalkan animasi, musik digital, video dan sebagainya. Media tersebut tentunya juga beragam dan akan sangat mempertimbangkan untuk apa dan untuk siapa informasi tersebut di sajikan.

Contohnya: Banner, Film kartun, web, cd interaktif, iklan, special effect.

  1. Multimedia Communication

Multimedia komunikasi dapat di artikan penggunaan media untukkegiatan komunikas baik dalam bentuk audio, teks dan atau audio visual.

Contohnya : kegiatan chatting, sms, teleconfrence, video confrence.


Sistem Multimedia

            Sistem Multimedia adalah suatu yang dapat mengatur terdukungnya penggunaan lebih dari suatu media. Bagaimana sebuh sistem dapat di katakan sistem multimedia?

1.      Kombinasi Media

Sistem di sebut sistem multimedia apabila kedua jenis (discreet/contnous) media dipakai.

Contohnya: teks, grafik dan media kontinyu adalah audio dan video.


2.      Independence

Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antara media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia apabila tingkat ketergantungan / keterikatan antara media rendah.


3.      Computer Supported Integration

Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Dan sistem dapat di program oleh programmer / user.


Perangkat Lunak Multimedia

            Perangkat Lunak Multimedia adalah komponen – komponen dalam data processing system, berupa program – program untuk mengontrol bekerjanya systen multimedia. Perangkat lunak ini dogolongkan menjadi tiga bagian, yaitu bahasa pemograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

1.      Bahasa Pemograman Multimedia

Bahasa pemograman multimedia adalah bahasa komputer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash Programmaer dan Java.

2.      Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat ini terdiri dari Sistem Operasi, misalkan DOS, Windows 95 ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux, Mac OS. Perangkat Lunak lainnya adalah aplikasi utilitas seperti aplikasi anti virus.

3.      Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia merupakan aplikasi – aplikasi yang di rancang oleh personal atau organisasi untuk user yang bergerak dalam bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling, animasi, sound editing, video editing dan sebagainya.

Contohnya :

Ø Perangkat Pengolahan teks

Multimedia yang di khususkan mengelola teks pada suatu komputer conto dari aplikasi ini : microsoft word, word star for windows, word perfect dan start writer. Sedangkan aplikasi pengolah teks yang bersifat open sources seperti open office writer, kwriter dan Abi word.

Ø Perangkat Lunak Pengolah Aplikasi dan grafik 2D aplikasi pengolah grafik 2D di bagi menjadi :

·         Grafik 2D Vektor, misalkan : Corel Draw,macromedia freehand, adobeilustrator, open draw.
·         Grafik 2D raster, misalkan : Adobe Photoshop, Jast Paint hop pro, Gimp dll.
·         Animasi, misalkan : Macromedia flash, adobe image ready dll

Ø Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan modeling grafik 3D

Adalah aplikasi yang mengelola grafis 3D contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalkan : 3D studio maks, blender, maya, softimage, lighware, dll.

Ø Perangkat Lunak Autoring Multimedia

Ø Perangkat Lunak Aplikasi  Berbasis Web

Contoh aplikasi : macromedia dream weaver, Microsoft front page, Joomla, Apache, Macromedia Flash, Adobe Photoshop dll.

Ø Aplikasi pengolah Radio

Adalah aplikasi yang mengolah suara contoh dari aplikasi ini : Sound Recorder, mod plug tacker, audacity dll.

Ø Aplikasi pengolah video

Jenis aplikasi yang mengelola atau memproses video contoh dari aplikasi video : windows movie maker, pinaccle, adobe premiere, ulead video studio dll.

Ø Aplikasi dalam bidang pengembangan sumber daya manusia

Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang di kenal dengan istilah Komputer Basic Training, misalkan perusahaan install shield membuat perangkat lunak multimedia yang di khususkan untuk training. Contoh lainnya adalah perusahaan L’OREAL membuat program rekrutmen tenaga kerja.

Ø Aplikasi dalam bidang produksi

Pengguna Aplikasi ini di guakan untuk merancang dan merekayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang manuju manufaktur teritegrasi berbasis multimedia.

Ø  Aplikasi Multimedia dalam bidang Pemerintah

Aplikasi yang paling menonjol dalam bidang pemerintah adalah E-Govermment, Profil Departement dan Kios Informasi tentang kota

Ø Aplikasi dalam bidang Pendidikan

Aplikasi multimedia dalam bidang pendidikan antara lain belajar online, Multimedia digunakan menvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan seperti fisika dan matematika dengan cara konvensional, Jardiknas, dll.

Ø Aplikasi dalam bidang travel

Aplikasi berbasis web banyak di gunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk layanan informasi biaya, pemesanan tiket online, untuk loading transportasi baik laut, darat, maupun udara.

Ø Aplikasi dalam bidang hiburan

Multimedia ini di gunakan dalam pembuatan film, musik, radio interaktif, game elektronik. dll

Ø Penyajian Informasi

Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.

Ø Telekonferensi

Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing komputer pemakai.


Kebutuhan Perangakat Keras

            Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara (Sound Card), sepasang speaker dan microphone.

Ø  Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemprosesan audio.

Ø  Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara.

Ø  Microphone adalah peranti untuk menerima suara manusia.

Pada umumnya komputer masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen tersebut.


Ciri-ciri sistem multimedia

Produk multimedia memiliki sistem yang bisa mendukung lebih dari satu jenis media, selain itu juga mempunyai ciri-ciri(Marshal,2000);

Ø  Dikontrol oleh pengguna Sebuah system yang terotomasi-pun harus bisa dikendalikan oleh operator atau user.

Ø  Terintegrasi Mampu menyelaraskan dan menangani berbagai macam entitas multimedia.

Ø  Informasi yang ditangani di presentasikan secara digitalMenghasilkan output secara elektonik/digital baik dalam bentuk abstraksi maupun tindakan(instruksi kepada perangkat keras).

Ø  Antarmuka(interface) pada media tampilan akhir biasanya bersifat interaktif. Lebih dominan pada antarmuka bersifat dinamis sesuai dengan fungsi yang sedang dijalankan, dari pada fungsi pada statis pada perangkat keras. Handphone konsep" blue bee phone" memperlihatkan tombol virtual untuk menggantikan tombol physical

Dalam lingkup teknis penyimpanan informasi pada sistem multimedia, terdapat dua jenis multimedia:

1.              Sistem Multimedia Stand Alone

Sistem ini berarti merupakan sistem multimedia yang memiliki minimal storage ( harddisk, cd rom,DVD,dll) atau alat input dan output. Contoh: Cd interaktif, DVD movie, Handphone,kamera digital.

2.              Sistem Multimedia Berbasis Jaringan

Sistem ini harus terhubung dengan jaringan yang ber bandwith besar, karena faktor sharing system. Contoh: video conference, video broadcast, internet, QR(barcode jenis terbaru), jaringan LAN.

Multimedia ditinjau dari sasaran audiennya  atau tujuan pembuatannya dapat dikategorikan dalam:

a.   Multimedia Content Production 
Multimedia yang menghasilkan produk kreatif berupa konten musik, film, game ,entertainmen,dll.

b.  Multimedia Communication
Penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda dengan tujuan untuk  komunikasi atau media massa, seperti media televisi,radio, cetak, dan internet.


Elemen Multimedia

Sebagaimana tersirat dalam definisi elemen multimedia meliputi :

Ø  Teks

Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam mmenyajikan informasi baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.


Ø  Suara

Suara merupakan media ampuh untukk menyajikkan informasi tertentu, misalkan untuk mendengarkan cara melafalkan sebuah kata dalalm bahasa inggris dalam bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.

Suara pada komputer dapat disimpan dengan berbagai format, seperti tabel yang ada dibawah ini :

Format
Ekstensi
Keterangan
AIFF
.aif
Kepanjangannya dalah Audio interface file format, merupakan standar berkas suara tersampel pada komputer apple.
AU
.au
Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
MIDI
.mid
Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara yang khusus untuk menyimpan instrumen musik, tidak biasa untuk suara.
MP3
.mp3
Format yang umum digunakan untuk lagu.
WAVE
.wav
Format suara yang biasa dipakai windows.
WMA
.wma
Kepanjangannya adalah Windows Media audio. Merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD, tetapi dengan ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berksa Mp3.

          Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh, sound recorder yang tersedia pada windows dapat digunakan untuk merekan suara dengan format wave.

Ø  Gambar Statis

 Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yeng dikenakan. Yangh pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekontruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik pemampatan lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekontruksi yang sama dengan gambar aslinya.

          Banyak format gambar yang telah di implementasikan dalam sistem komputer. Ada beberapa format yang terkenal yakni :

Format
Keterangan
BMP
Kepanjangannya adalah BitMap Graphics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows.
Ekstensi: .bmp
CDR
Format gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw.
Ekstensi: .dxf
DXF
DXF (Drawing eXchange Format) adalah format gambar yang dihasilkan oelh program AutoCAD.
Ekstensi: .dxf
EPS
Kepanjangannya adalah Encapsulated PostScriput. Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
Ekstensi: .eps
GIF
Kepanjangannya adalah Graphics Interchange Format. Dikembangkan ollleh Compuserve pada tahun 1987. Hanya dapat menggunakan 256 warna.
Ekstensi: .gif
HPG
Format dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics Language).
JPG
Kepanjangannya adalah Joint Photographic Expert Group. Tingakat kompresinya sangat tinggi.
Ekstensinya: .jpg, .jpeg, atau .jpe
PCX
Format yang digunakan oleh perangkat lunak Paintbrush.
Ektensi: .pcx
PNG
PNG (Portable Network Graphics) dirancang oleh E3C (World Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya didesain supatya tidak tergantujng pada mesin, sehingga dapat ditangani oleh sebarang jenis komputer dan sistem operasi.
Ekstensi: .png
TGA
Format Targa (TGA) merupakan format berkas gambar yang dibuat oleh True Vision, Inc. Untuk mengimplementasikan true color (warna alami yang mengandung juataan warna).
Ekstensi: .tga
TIFF
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format.
Format ini biasa digunakan pada dektop publishing.
Ekstensi: .tif
WMF
Kepanjangannya adalah Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada windows.
Ekstensi: .wmf
WPG
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
Ekstensi: .wpg
            Gambar yang disajikan pada komputer disimpan dalam berkas dalam bentuk bitmap atau vektor. Gambar berbasis bitmap disimpan dalam bentuk kumpulan titik dalam dua dimensi  yang kemudian disimpan sesuai dengan format berkas gambar penyimpan. Termasuk dalam kategori ini yaitu format BMP, TGA, GIF, TIFF, dan PCX. Gambar berbasis vektor adalah jenis gambar yanhg disimpan dengan bentuk rumus-rumus matematika. Setiap elemen gambar dinyatakan dengan persamaan matematika. Termasuk dalam kategori ini yaitu format DXF dan WMF.

          Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe photoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto. Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana pada Windows yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan mouse.

Ø  Animasi

          Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar yang bergerak adalah dengan menggunakan sejumlah gambar yanng berbeda sedikit.

Ø  Video
Berbagai format video pada komputer :

Format
Keterangan
AVI
Kepanjangannya adalah Audio/Video Interleaved. Merupakan standar video pada lingkungan Windows.
Ektensi: .avi
MOV
Format ini dikembangkan oleh apple. Merupakan format video yang paling banyak digunakan di Web.
MPEG
Kepanjangannya adalah Motion Picture Experts Group. Merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD.

          Contoh perangakat lunak terkenal yang biasa digunakan untuk membuat film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie Maker.


Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia

         Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system atau sering disebut authoring software. Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authorware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director.

Ø  Virtual Reality 

Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem ini dapat digunakan untuk perancangan obat, arsitek, insinyur, pekerja media, dan bahkan orang-orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Virtual Reality juga digambarkan dalam film.

Tetapi terdapat pula yang dikenal dengan VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language.VRML sendiri adalah suatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3 dimensi untuk digunakan secara online maupun off line. VRML memiliki kemampuan menampilkan object 3 dimensi statis maupun dinamis dan object multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.

Ø  Peranti Virtual Reality

Untuk mewujudkan suasana yanng menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker.

·         Glove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.Ada beberapa contohnya, yakni : 5DT Data Glove 16 / 5DT Data Glove 16-W, yang terhubung dengan kabel serial port (RS 232). 5DT Data Glove 5 MRI / 5DT Data Glove 16 MRI, yang digunakan pada lingkungan magnetic resonance imaging (MRI).

·           Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kapada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata. Beberapa contohnya yaitu : Virtual I-Glasses, Cy-Visor/I-Visor, Sony Glasstron, Hi-Res 900, NOMAD, I-Scape.

·         Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah didunia nyata.

Ø  Cara Kerja Virtual Reality

          Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya seperti berikut : Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis, melalui headset,glove, dan walker semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah-olah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Aplikasi Virtual Reality

Aplikasi virtual reality sangat beragam, tabel dibawah ini akan memaparkan berbagai aplikasi virtual reality (Turban, McLean, Wetherbe, 1999, hal.506).

Industri
Aplikasi
Manufaktur
 Pelatiahan
 Pengujian rancangan
 Propotipe semu
 Analisis engineering
 Analisis ergonomik
 Simulasi semu dalam perakitan, produksi, dan pemeliharaan
Arsitektur
 Perancangan gedung dan struktur yang lain
Militer
 Pelatihan (pilot,astronot,pengemudi)
 Simulasi peperangan
Kedokteran
 Pelatihan pembedahan (melalui simulasi)
 Perencanaan pembedahan
 Terapi fisik
Penelitian/Pendidikan
 Laboratorium fisika virtual
 Studi tentang topan
 Konfigurasi galaksi
 Pengujian matematika kompleks
Hiburan
 Museum virtual
 Permainan balap mobil 3-D
 Simulasi pertempuran udara
 Arcade
 Taman virtual

Berbagai aplikasi sistem virtual reality pada berbagai perusahaan dapat dilihat dibawah ini:

Ø  SGS-Thomson Microelectronics, sebuah perusahaan manufaktur semikonduktor di phoenix, memakai peranngkat lunak bernama Superscape VR untuk keperluan training dalam bentuk simulasi (Zwass, 1998, hal. 151).

Ø  Matsushita Electric Work memakai sistem virtual reality yang dinamakan Virtual Kicthen untuk membantu pemakai memilih sejumlah peralatan dapur. Dlam hal ini, tata letak dapur disajikan dalam oleh sistem virtual realty. Selanjutnya, pemakai dapat mengubah peletakan peralatan-peralatan dapur seperti mesin pencuci piring dan kulkas (Haag, dkk, 2000, hal. 239 dan Laudon & Laudon, 1998, hal.559).


Ø  Chrysler, perusahaan otomotif di Amerika, mengggunakan sistem virtual realty dalam proses perancangan mobil. Insinyur penguji mngenakan headset yang dihubungkan ke sebuah super komputer, memegang kemudi mobil, mengamati keadaan dalam mobil dan juuga keadaan luarmobil (Lucas, 2000, hal.683).

Ø  Volvo menerapkan sistem virtual realty untuk menguji kecelakaanmobil secara virtual (Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999, hal. 507).

  
Efek Negatif Virtual Realty
         
 Keunggulan virtual relaty dalam berbagai bidang telah dibahas, diluar keungggulan tersebut ternyata juga memberikan efek negatif terhadap pemakainya. Orang-orang yang terlibat dalam penggunaan sistem ini kerap mengalami gangguan yang disebut Cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin 2000, hal.294). Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang si penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual realty walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.

No comments:

Post a Comment